11.02.2010

analisis dan estimasi biaya secretary chair



Jelaskan kegunaan alat / mesin ini:
Secretary chair ini berfungsi untuk duduk yang sesuai dengan ilmu ergonomi. Sehingga ketika seorang sekretaris duduk dia akan merasa nyaman dan tidak cepat pegal sehingga bisa meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari penggunanya.

Jelaskan proses pembuatan :
Proses pembuatan dari kursi ini adalah berdasarkan struktur anatomi manusia dan kebutuhan akan komponen-komponen penyangga organ tubuh. Ini bertujuan agar beban tubuh dapat terdistribusi merata pada bidang sandaran dana las duduk. Sehingga kursi ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari si penggunanya. Dalam membuat kursi ini si perancang harus memperhatikan aspek aspek seperti tinggi alas duduk, kedalaman alas duduk, sandaran duduk, lebar alas duduk, sudut sandaran, sudut alas duduk, dan sandaran lengan. Setelah sapek-aspek ini diperhatikan langkah selanjutnya adalah mendesain kursi tersebut berdasarkan aspek-aspek tersebut. Selain itu komponen-komponen pembuat kursi juga harus diperhatikan. Gunakan komponen-komponen yang berkualitas dan kuat agar kursi tidak mudah rusak dan dapat menahan berat badan yang besar. Setelah semua komponen terkumpul, kursi dapat dirakit hingga menjadi sebuah kursi sekretaris yang diinginkan.

Material apa saja yang digunakan dalam alat / mesin ini :
Adapun material-material yang digunakan untuk pembuatan kursi sekretaris ini adalah sebagai berikut:
1. Stainless. Stainless ini berfungsi sebagai kerangka dasar dari kursi sekretaris ini.
2. Busa. Busa berfungsi sebagai sandaran duduk dan lapisan sandaran punggung sehingga orang yang menggunakan kursi ini akan merasa nyaman.
3. Plastik keras. Digunakan untuk sandaran punggung dan lapisan sandaran tangan.
4. Mur. Berfungsi sebagai penguat dari kerangka kursi.
5. Bahan kulit. Berfungsi untukmelapisi sanaran duduk dan sandaran punggung.
6. Roda-roda kecil. Berfunngsi untuk roda dari kursi.

Hitunglah biaya-biaya apa saja yang dikeluarkan dalam proses pembuatan ini :
UKM yang memproduksi kursi ini mampu membuat kursi sebanyak 600 kursi/ bulan. Berikut merupakan rincian harga mulai dari komponen hingga gaji karyawan dan kursi dipasarkan.
Biaya-biaya yang dikeluarkan dalam proses pembuatan kursi ini adalah:
1. Pembelian komponen.
- Stainless 750 meter : Rp. 55.000.000,-
- Busa 1000 meter : Rp. 10.000.000,-
- Plastik keras 1250 m : Rp. 40.000.000,-
- Mur 1500 buah : Rp. 600.000,-
- Kain kulit 1200 meter : Rp. 30.000.000
- Roda-roda 3000 buah : Rp. 15.000.000-
2. biaya welding : Rp. 9.000.000,-
3. biaya designer : Rp. 3.000.000,-
4. biaya pekerja : Rp. 45.000.000,-
5. biaya transportasi : Rp. 2.500.000,-

maka biaya total yang dikeluarkan untuk pembuatan 600 kursi/ bulannya adalah sebesar Rp. 210.100.000,- maka biaya pembuatan 1 kursi adalah Rp. 351.000,-

Jadi menurut Anda berapa harga alat atau mesin ini, per pieces atau per satuan tertentu :
berdasarkan estimasi biaya yang telah dilakukan, maka seorang produsen dapat menjual satu buah kursi sekretaris ini dengan harga Rp. 450.000,- / kursi. harga tersebut sudah termasuk pajak dan keuntungan yang diperoleh oleh produsen dari penjualan kursi sekretaris tersebut.

Apakah Anda yakin kalau nanti diproduksi akan dapat memberikan keuntungan :
Saya sangat yakin jika kursi ini diproduksi maka penjualan kursi ini akan memberikan keuntungan yang sangat besar. Hal ini dikarenakan sekarang ini semakin banyak perkantoran dan semakin banyak pula permintaan akan kursi ini. bagi seorang konsumen yang mengerti akan pentingnya akan kualitas suatu barang. maka harga pun tidak akan menjadi sebuah rintangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar