3.04.2011

TUGAS 2 ETIKA PROFESI

A. Jelaskan tentang tata tertib kehidupan di kampus yang berlaku umum untuk semua civitas academica! Apakah aturan tata tertib memang diperlukan di lingkungan kampus! Jelaskan alasannya!
Jawab: Banyak sekali tata tertib kehidupan kampus yang berlaku umum untuk semua civitas academica sepertinya contohnya adalah untuk mahasiswa dating ke kelas dengan tepat waktu begitu juga dengan dosennya yang akan mengajar di kelas tersebut. Karena di sini belajar sesuai dengan banyaknya SKS mata kuliah tersebut. Jadi ketika mahasiswa telat masuk ke kelas dari waktu yang seharusnya, sebaiknya mahasiswa tersebut dilarang masuk karena akan mengganggu jalannya kegiatan belajar di dalam kelas. Namun di sini terjadi dilemma jika dosen pengajar yang telat masuk. Dilemma di sini karena jika dosen yang telat tersebut dilarang masuk seperti mahasiswa yang telat, maka kerugiannya mahasiswa tidak mendapatkan materi kuliah. Namun, jika dilihat dari sisi aturan seharusnya dosen tersebut juga tidak boleh masuk ke kelas kecuali ada alas an tertentu yang tidak bisa ditinggalkan atau sebelumnya sudah ada perjanjian jam masuk dengan mahasiswanya. Tata tertib di lingkungan kampus memang sangat perlu dilaksanakan karena tata tertib ini lah yang mengatur mahasiswanya ketika berada di dalam lingkungan kampus, Contohnya adalah seperti jam masuk kuliah yang tadi telah dibahas. Pihak kampus seharusnya lebih tegas untuk mengatur masalah keterlambatan dosen ataupun mahasiswanya. Karena keterlambatan tersebut dapat mengurangi jumlah SKS yang telah diambil, contohnya adalah saya mengambilkan mata kuliah yang berjumlah 2 SKS tapi setiap kali mengajar dosennya selalu telat selama 30 menit. Dengan begitu sebenarnya SKS yang kita ambil bukan 2 SKS tetapi sebanyak 1,5 SKS dan ini merugikan bagi mahasiswa. Begitu juga dengan mahasiswa yang telat masuk, mereka akan sangat mengganggu jalannya pemebelajaran karena dapat mengbuyarkan konsentrasi belajar mahasiswa lain yang tidak telat. Dan membuat otak untuk berkonsentrasi lagi itu akan sulit dilakukan.



B. Jelaskan perilaku/sikap/tindakan yang sebaiknya tidak dilakukan oleh mahasiswa di kampus! Berikan minimal 10 contoh nyata yang saudara amati dan solusi yang saudara tawarkan!
Jawab:
1. Telat datang ke kampus, solusi yang saya tawarkan adalah mahasiswa tersebut dilarang mengikuti mata kuliah yang bersangkutan karena akan mengganggu konsentrasi belajar mahasiswa yang lainnya kecuali jika mahasiswa tersebut ada kepentingan yang tidak bisa di tinggalkan dan sebelumnya telah menginformasikan ke dosen bersangkutan.
2. Merokok di ruangan kelas, solusi yang saya tawarkan adalah pihak kampus membuat ruangan khusus untuk mahasiswa yang suka merokok, jadi ketika mereka mau merokok mereka bisa pergi ke ruangan khusus tempat merokok.
3. Memakai pakaian yang tidak pantas khususnya wanita, solusi yang saya tawarkan adalah pihak kampus membuat aturan tegas untuk mahasiswanya yang memakai pakaian tidak pantas dilarang masuk lingkungan kampus.
4. Mencontek pada saat ujian, solusi yang saya tawarkan adalah menambah jumlah pengawas pada saat ujian dan jika ada mahasiswa yang ketahuan mencontek langsung dikeluarkan dari kelas tersebut dan dapat nilai E.
5. Memainkan HP pada saat belajar, solusi yang saya tawarkan adalah mahasiswa tersebut langsung dikeluarkan dari kelas oleh dosen yang sedang mengajar. Sehingga mahasiswa lain juga akan merasa takut jika harus memainkan HP pada saat belajar.
6. Membuang sampah sembarangan, solusi yang saya tawarkan adalah membuat tong sampah lebih banyak lagi, misalnya satu kelas satu tong sampah dan jika di luar kelas di setiap sisi disediakan tong sampah.
7. Mengobrol pada saat jam kuliah, solusi yang saya tawarkan adalah dosen lebih tegas menyikapi mahasiswanya yang ngobrol pada saat jam kuliah, misalnya ditegur atau dikeluarkan dari kelas.
8. Tidak masuk kuliah, solusi yang saya tawarkan adalah dosen membuat persetujuan dengan mahasiswa bahwa jika mahasiswa 3 kali tidak masuk mata kuliah beliau, mahasiswa tersebut tidak akan lulus mata kuliah tersebut.
9. Mengabsenin teman sekelas, solusi yang saya tawarkan adalah pihak kampus membuat absen mahasiswa secara elektronik dengan menggunakan KTM.
10. Tidak mengerjakan tugas, solusi yang saya tawarkan adalah dosen memberikan sanksi kepada mahasiswa yang tidak mengerjakan tugas.
C. Jelaskan perilaku/sikap/tindakan yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa di kampus! Berikan 10 contoh!
Jawab: perilaku yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa di kampus adalah perilaku yang sesuai etika dan sesuai dengan aturan yang berlaku di kampus tersebut. Contoh dari perilaku/sikap/tindakan yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa adalah sebagai berikut:
1. Masuk kuliah tepat waktu.
2. Tidak mencontek pada saat ujian.
3. Tidak mengabsenin teman.
4. Tidak buang sampah sembarangan.
5. Menyapa dosen pengajar.
6. Mengerjakan tugas.
7. Tidak ngobrol pada saat kuliah.
8. Memakai pakaian yang pantas khususnya untuk wanita.
9. Memakai sepatu pada saat kuliah.
10. Tidak maen HP pada saat perkuliahan berlangsung.
D. Isilah checklist dengan jujur! Jawablah dengan Ya atau Tidak!
No Pernyataan Ya Tidak
1. Saya selalu berpakaian yang pantas/ sesuai dan rapi setiap kali ke kampus. (YA)
2. Saya selalu mengenakan sepatu setiap kali pergi ke kampus. (YA)
3. Saya selalu datang tepat waktu ke ruangan kuliah .(TIDAK)
4. Saya merasa bersalah bila datang terlambat di kelas.(YA)
5. Saya kadang-kadang ngobrol dengan teman pada saat dosen mengajar .(YA)
6. Saya selalu membuat catatan kuliah.(TIDAK)
7. Saya menyapa dosen yang mengajar di kelas saya.(YA)
8. Saya mengenal semua dosen yang mengajar saya.(YA)
9. Saya membuang sampah selalu pada tempatnya.(TIDAK)
10. Saya mengingatkan teman yang membuang sampah sembarangan.(YA)
11. Saya mengatur kembali bangku di kelas setelah kuliah selesai.(TIDAK)
12. Saya tidak merokok di dalam gedung/ ruangan.(YA)
13. Saya di kampus pernah ditegur orang lain karena sikap/perilaku saya yang tidak patut.(TIDAK)
14. Saya pernah menegur mahasiswa lain yang melakukan tindakan tidak pantas di kampus.(TIDAK)
15. Saya tidak peduli dengan apa yang dilakukan oleh mahsiswa lain di kampus, sepenuhnya adalah tanggungjawab mereka.(TIDAK)
16. Saya percaya pada kemampuan sendiri.(YA)
17. Saya pernah nyontek pada saat ujian.(YA)
18. Saya pernah melakukan plagiat terhadap karya orang lain.(YA)
19. Saya memberikan kontribusi untuk perbaikan suasana akademik di lingkungan kampus.(TIDAK)
20. Saya lebih senang bekerja sendiri daripada kerja kelompok.(YA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar